HINO LEBIH DEKAT DENGAN KONSUMEN BALIKPAPAN
Feb 21, 2013

BALIKPAPAN Pada hari Kamis, 21 Februari 2013, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi membuka kantor cabang Balikpapan di jalan Pulau Balang, Karang Joang, Balikpapan Utara - Kalimantan Timur. Kantor Cabang yang memiliki luas lahan sebesar 11,550 meter persegi dan luas bangunan 2,321.5 meter persegi ini, merupakan relokasi kantor cabang lama yang sebelumnya beroperasi di Samarinda. Kantor baru ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dari sisi depo suku cadang, dan bengkel servis. Kantor cabang HMSI ini resmi dibuka oleh President Director HMSI - Toshiro Mizutani, Walikota Balikpapan - Rizal Effendi dan disaksikan oleh managemen HMSI.

 

Dalam sambutannya President Director HMSI - Toshiro Mizutani menjelaskan, ”Sesuai dengan jargon Hino, Move to The Next Stage - Peresmian cabang PT. HMSI di Balikpapan ini merupakan upaya untuk meningkatkan brand image atau power brand Hino di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya.  Tentunya  dengan peningkatan kantor cabang Hino ini dapat memaksimalkan pelayanan kepada konsumen Hino, selain area service yang lebih luas serta ketersediaan spare part lebih lengkap, otomatis pelayanan-aftersales kepada pengguna Hino menjadi lebih cepat. "

 

Mizutani mengungkapkan,"Kehadiran kantor cabang HMSI ini untuk mendukung dealer Hino yang sudah ada di Balikpapan dan Samarinda untuk lebih mendekatkan Hino ke konsumen. Untuk mendukung hal itu, kantor cabang kami ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Di Kantor Cabang ini  Hino juga memiliki fasilitas pelatihan mekanik (Hino Technician Mechanic School) sebagai wadah menciptakan mekanik – mekanik Hino yang handal untuk ditempatkan di dealer – dealer Hino dan konsumen Hino di Kalimantan Timur dan sekitarnya. Dan untuk para supir juga dapat mengikuti program 'safety driving' ataupun pelatihan supir lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen Hino di Kalimantan Timur dan Sekitarnya."

 

Executive Officer Service & Parts - Irwan Supriyono menjelaskan, "Kantor cabang HMSI Balikpapan ini juga memiliki peralatan yang sangat memadai untuk melakukan perbaikan kendaraan (service)  dan perbaikan suku cadang yang rusak (rekondisi). Hal ini untuk mendukung dealer Hino yang ada di Balikpapan. Fasilitas 3S (Sales, Servis & Parts) di kantor cabang kami ini bertujuan untuk meminimalkan ‘down time’ dari kendaraan. Di Cabang ini, kami juga melayani service berjalan dengan Hino Mobile Service yang siap datang ke lokasi unit konsumen. Sedangkan untuk Depo Spare Part di Balikpapan ini memiliki kapasitas sampai dengan 4.200 item parts untuk menunjang suku cadang di area Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Sebelumnya kami juga sudah memiliki Depo Parts di Banjarmasin dan Surabaya, kedepannya kami akan melengkapi fasilitas training center yang lebih besar "

 

JARINGAN PENJUALAN

Hino Indonesia telah menambah jumlah outlet hingga pada awal tahun 2013 menjadi 135 jaringan penjualan. Didukung dengan 185 jaringan servis dan lebih dari 1.800 toko suku cadang yang tersebar di 126 kota di seluruh Indonesia. Sales & Promotion Director HMSI - Santiko Wardoyo optimis, "Cabang HMSI di Balikpapan siap memberikan pelayanan yang lengkap baik dari perawatan kendaraan serta penyediaan suku cadang. Tentunya kehadiran cabang ini untuk membantu dealer untuk lebih mendekatkan ke konsumen Hino"

 

SERVIS DAN SUKU CADANG

Perluasan gudang pusat suku cadang Hino menjadi 6.480 m2 di Jatake-Tangerang, sehingga mampu menampung 18.000 lebih item parts.  Penambahan parts depo di kota Surabaya tahun lalu, dan sekarang di Balikpapan. Hingga awal tahun 2013 ini, Hino telah memiliki 3 buah parts Depo (Banjarmasin, Surabaya dan Balikpapan). "Kami juga mengembangkan Suku Cadang asli HMSI yakni HOP (HMSI Original Parts).   Parts HOP tersedia untuk memenuhi permintaan customer kami terutama untuk Spare Parts yang merupakan Fast Moving Parts seperti Filter2, Kampas rem. Tujuan utama dari pengembangan HOP Parts adalah menyediakan spare parts dengan HARGA” yang terjangkau  dan “KUALITAS”nya dijamin oleh Hino. ", Irwan Supriyono menjelaskan.

 

 



TARGET 2013

Santiko mengungkapkan,"Hino di Kalimantan Timur memiliki market share di tahun 2012 sebesar 44% untuk kategori 3 (Ranger) dan 9% untuk kategori 2 (Dutro). Sedangkan market share nasional di tahun 2012, Ranger meraih 56% dan market share Dutro sebesar 13%. Menyambut cruising ranger ini, kami menargetkan total penjualan di tahun 2013 untuk semua kategori sebesar 40.000 unit. Dan seperti janji kami di Desember lalu, di sepanjang tahun 2013 ini kami akan meluncurkan beberapa variant baru untuk melengkapi seluruh segment. Selain itu kami juga akan terus meningkatkan pelayanan baik dari penjualan dan layanan purna jual dengan menambah jumlah jaringan penjualan (150 outlet), jaringan servis (220 outlet) dan jaringan toko suku cadang (2.200 outlet)"

 

HINO INDONESIA

Memasuki usia ke 30 tahun di Indonesia, Hino telah menjadi market leader untuk truk medium selama 13 tahun berturut-turut di Indonesia melalui Unit Hino Ranger dengan raihan 56% market share dengan penjualan sebesar 20.300 unit. Di segmen bus besar , Hino menjadi market leader dengan menguasai market sebesar 60% di tahun 2012 dengan penjualan sebesar 1.374 unit. Dan truk ringan dutro market share di tahun 2012 terus meningkat menjadi 13% dengan penjualan sebesar 14.200 unit. Hino Indonesia  menutup tahun 2012 dengan total penjualan sebesar 34.500 unit, mengalami kenaikan sebesar 41% dibandingkan tahun 2011 yang menjual sebesar 24.652 unit.

 

Mizutani mengungkapkan, "Hino Indonesia menjadi distributor Hino di luar Jepang yang terbesar di dunia dalam 6 tahun terakhir. Tahun ini Hino telah memasuki angka 30 tahun. Selama periode itu, Hino sebagai pakarnya truk dan bus berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pelayanan purnajual terbaik. Dan kepuasan pelanggan merupakan salah satu prioritas Hino yang utama. Memberikan produk truk dan bus bermutu, melakukan peningkatan showroom dealer, memperluas jaringan, hanyalah sebagian dari kewajiban fundamental, dan hal tersebut belum cukup untuk mendapatkan evaluasi kepuasan dari konsumen kami. Konsumen mengharapkan kepercayaan dan kehandalan dari merk Hino. Kami harus memberikan pelayanan profesional dalam setiap langkah pembelian truk.

 

PRODUK BARU JUMBO CRUISING RANGER FM285JD

Bersamaan dengan pembukaan Kantor Cabang baru di Balikpapan, Hino juga meluncurkan varian line-up Hino Ranger terbaru, yakni  "Hino Jumbo Cruising Ranger FM 285 JD". Unit ini memiliki generasi mesin common rail dengan kemampuan lebih kuat, dan ekonomis .  Jumbo Cruising Ranger FM 285 JD telah menjadi salah satu seri produk terbaru Hino Cruising Ranger line-up pada tahun 2013.

 

Mizutani mengatakan,"Hino Jumbo Cruising Ranger FM285JD memiliki mesin Common Rail generasi terbaru dengan tenaga maksimal 285 PS, torsi maksimal 91 Kgm, dan isi silinder 7.684 cc.  Hino FM 285 JD adalah pengembangan terbaru dari Hino , mengusung common rail. Dengan basic engine sama dengan FM 260 JD yang sudah teruji kehandalannya. FM 285 JD menghasilkan tenaga dan torsi yang besar, sehingga new FM ini dirancang untuk operasi disemua medan baik off the road maupun on the road. Suku cadang sudah tersebar dan tersedia diseluruh daerah di Indonesia (mudah diperoleh) serta dapat saling menggantikan (interchangeability) antara FM 260 JD dan FM 285 JD."

 

Santiko mengungkapkan, "Kendaraan ini memiliki semua kelebihan dari Hino Ranger yang saat ini sudah ada, Bertenaga (Powerful), Tangguh (Durable), dengan tambahan Smart, Economical (Ekonomis), dan Ramah Lingkungan (Environment Friendly). Penambahan varian model ini untuk melengkapi model Ranger yang telah ada dengan tujuan agar dapat memenuhi semua kebutuhan kendaraan usaha pengusaha di Indonesia yang sangat beragam bisnis dan area-nya. Selain itu, FM285JD ini menggunakan DLC (Diamond Like Carbon) Injector, suatu sistem pelapisan injector untuk membuat injector lebih awet dan tahan lama, yang akan mengurangi efek keausan dari material yang tentunya akan memperpanjang usia kendaraan. Selanjutnya, sistem common rail HINO lebih handal, dikarenakan menggunakan 3 filter (penyaring solar) untuk menambah perlindungan sistem common rail dari kontaminasi bahan bakar solar".

 

"Unit seharga 795 juta (Sasis off the road Kalimantan Timur) ini telah ditunggu oleh konsumen Hino. Dan saya optimis bahwa Hino Jumbo Cruising Ranger FM 285 JD akan sesukses Ranger sebelumnya. Cruising Ranger memiliki kinerja yang sangat baik selama uji coba berlangsung. Memiliki kekuatan yang lebih baik, dan kemampuan untuk menanjak lebih tinggi, serta konsumsi bahan bakar lebih efisien karena mesin common rail. Cruising Ranger adalah PRODUK BARU dengan MESIN JENIS BARU yaitu J08E-VT, jadi kami telah menyiapkan pelatihan untuk para salesman dan mekanik, serta menjamin ketersediaan suku cadang dan fasilitas servis untuk membantu unit ini di Kalimantan", ungkap Santiko .

 

Produk Hino telah diterima oleh pelanggan di dunia sebagai "Truk Kuat dan Tangguh" dan kami selalu mengembangkan produk dengan konsep QDR. "Q"  High Quality (kualitas tinggi), "D" High Durability (Lebih Tangguh), dan "R" High Reliable (Lebih Handal). Santiko optimis, "Kami percaya bahwa titik paling penting bagi pelanggan adalah "Value for Money", sehingga kita mengaplikasikan konsep QDR pada produk-produk Hino untuk memaksimalkan waktu operasional kendaraan konsumen. Produk baru yang kami perkenalkan hari ini telah dikembangkan dengan konsep ini dan kami yakin bahwa unit cruising ranger ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen".