3 DEKADE HINO INDONESIA
Dec 17, 2012

Jakarta – 30 Tahun telah hadir di Indonesia, Hino Indonesia (PT Hino Motors Sales Indonesia - HMSI dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia - HMMI) sebagai produsen kendaraan niaga truk dan bus telah menjadi bagian dari pergerakan dan pertumbuhan perekonomian indonesia. Hadir sejak 17 Desember 1982 di Indonesia, Hino memiliki varian produk truk dan bus komersial yang sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di dunia, sejak tahun 2007, Hino Indonesia berhasil menjadi distributor Hino terbesar diluar Jepang. Sedangkan di Jepang, Kategori truk sedang dan berat berhasil di kuasai oleh Hino selama 39 tahun berturut-turut. Dengan raihan itu, Hino Indonesia tetap terus berupaya mengembangkan produk yang lebih baik yang memenuhi kebutuhan pasar.


Sejak tahun 2000 hingga saat ini, Hino menjadi pemimpin pasar di segmen kendaraan komersial kategori 3 (truk Medium) dengan pangsa pasar 55,3% pada tahun 2012 dengan total penjualan 19.400 unit. Hasil ini menunjukkan bahwa pasar hino ranger meningkat 27% dari 2011 hasil penjualan dengan total penjualan 15,289 unit. Sementara itu, Hino truk ringan - Dutro (kategori 2) yang diluncurkan pada akhir tahun 2002 kini mencapai pangsa pasar 13,4% di 2012 dengan total penjualan 14,200 unit. Ini berarti pasar Dutro meningkat 40% dari tahun 2011 dengan total penjualan 10,169 unit. Untuk tahun depan, Hino menargetkan sekitar 40.000 unit di pasar Indonesia.

 

Presiden Direktur PT. Hino Motors Sales Indonesia - Toshiro Mizutani mengatakan, "Kita bisa merayakan hari bahagia ini bersama dengan Indomobil, Sumitomo Corporation, Hino Motors Limited sebagai mitra bisnis yang mendirikan perusahaan ini dan juga dealer yang mencakup penjualan kami dan serta semua pihak yang terlibat dalam membantu semua  konsumen Hino di Indonesia"

 

Akhir tahun 2009, Hino telah memperluas pabrik di Purwakarta. Pabrik ini telah diperluas untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 35.000 unit pertahun. Pada tanggal 17 Desember 2009, perluasan pabrik Hino diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono. Pada 2012, Hino kembali meningkatkan kapasitas produksi menjadi 50.000 unit pertahun. Perluasan pabrik Hino selain untuk mengantisipasi peningkatan penjualan Hino Indonesia saat ini dan di masa depan, sekaligus  bukti komitmen hino untuk pasar di  Indonesia

 

Pengembangan terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di semua segmen. Dutro sekarang telah memiliki 32 varian, Ranger memiliki 18 varian, Hino bus memiliki 4 varian, dan 1 varian truk berat. Hino selalu mengembangkan produk untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen kendaraan komersial. Hino memiliki varian lengkap. Spesifikasi dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan konsumen. Banyaknya varian Dutro memudahkan konsumen memilih truk sesuai dengan usahanya. Hino juga dikenal sebagai unit kuat dan tangguh dan panjang umurnya, dengan harga yang kompetitif, dan" Value for money".

 

Dalam tahun ini Hino meningkatkan jaringan purna jual di 34 provinsi di Indonesia menjadi 135 outlet penjualan dengan lebih dari 1.800 toko suku cadang dan 185 outlet jaringan servis. Hino Indonesia juga mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas servis kepada konsumen dan diharapkan dapat memenuhi harapan pelanggan.


Hino adalah perusahaan berbasis pelanggan. Salah satu kunci utama untuk keberhasilan Hino adalah memberikan pelayanan terbaik untuk layanan purna jual. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di kendaraan komersial, Hino Indonesia benar-benar memahami kebutuhan konsumen di segmen ini. Dan hal inilah yang terus mempertahankan dan meningkatkan Hino Indonesia. Kepuasan kebutuhan konsumen adalah kuncinya. Saat ini, Hino telah memiliki lebih dari 60 unit mobil servis tersebar di dealer Hino di Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Hino juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membuat Hino Sales School (HSS), Technical Training Management (HTMT) dan juga menggelar kontes Kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction (CS) Contest untuk meningkatkan kemampuan SDM Hino.


Untuk mendukung populasi Hino di Indonesia, Hino juga memperluas Pusat Suku Cadang Hino di Jatake, Tangerang yang diresmikan pada september 2011 lalu. Saat ini, Hino Indonesia memiliki dua depot, Banjarmasin dan Surabaya. Hal ini, untuk memangkas waktu pengiriman kepada konsumen di di Kalimantan, Sulawesi, dan daerah sekitarnya. Tahun depan, Hino Indonesia berencana untuk menambah satu Depo Suku Cadang di Indonesia.

 

Corporate Social Responsibility / CSR

Dengan cara ini, kami tidak hanya mengusulkan kepada konsumen bagaimana langkah terbaik untuk bisnis mereka tapi juga memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program CSR. Di masa lalu kami telah melakukan beberapa kegiatan sosial seperti memberikan mobil klinik mata kepada JFF Bali, Mobil Donor Darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI), Program penanaman pohon bekerjasama dengan WWF dan dari sisi pendidikan bekerjasama dengan Yayorin dan SIKIB. Kali ini , Hino akan mendonasikan kepada 9 penerima program csr hino sebagai bagian dari tujuan utama kami yakni meliputi segi perlindungan lingkungan, Peningkatan Kesehatan, Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

 

"Hino Indonesia akan terus bergerak ke tahap berikutnya sesuai misi perusahaan. Menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman , ekonomis, dan tetap bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan, dengan memperhatikan pengembangan yang berkesinambungan, dan ebagai warga masyarakat indonesia yang baik". Mizutani menambahkan.

 

Kegiatan Corporate Social Responsibilty Hino di perayaan 30th mencakup :

                1. Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Kehidupan Liar
                2. Kesehatan & Pelayanan Masyarakat
                3. Pendidikan & Olahraga

 

2012

SIKIB

Penanaman 30.000 pohon mangrove

2012

WWF

Rehabilitasi Terumbu Karang dan untuk mengatur masyarakat setempat untuk melaksanakan perlindungan karang.

2012

Gubernur Palu

1 unit Dutro Bak Sampah

2012

Kampung Kids

Kesehatan dan Nutrisi untuk anak-anak dan lansia

2012

1.SMKN I Cibatu

2.SMK YPB

3.SMKN I Plered

Beasiswa pendidikan untuk 30 orang siswa di SMK area Purwakarta

2012

Komunitas Petani

Untuk mendukung pertumbuhan pertanian buah Manggis dan meningkatkan kesejahteraan petani manggis di daerah Purwakarta

2012

Komunitas Nelayan

Untuk mendukung kesejahteraan Nelayan di area Purwakarta